8/30/2024

Cara Perpanjangan SIM di Klaten, Terbaru Biaya Lebih Mahal!

Agustus 2024 tiba saatnya perpanjangan SIM C, Gimana Cara Perpanjangan SIM di Klaten? Ternyata prosesnya agak beda dan biaya lebih mahal. Sudah tau caranya perpanjangan SIM di Klaten? Kurang lebih sama dengan tempat lain.

1. Datang Ke Satpas Polres Klaten

Untuk perpanjangan SIM gak harus datang langsung ke polres Klaten, karena bisa via SIM keliling dan bisa juga via online. Tapi aku disini pilih datang langsung ke Satpas Polres Klaten. Untuk Jam kerjanya Senin - Kamis Buka jam 8:00 - 16:00. Untuk hari Jumat bukanya juga jam 8:00 tapi keselingan salat jumat. Untuk Sabtu hanya setengah hari saja yakni sampai jam 12 siang. Kebetulan aku dateng pas hari Jumat.

2. Foto Copy SIM dan KTP

Langsung aja ke tempat fotocopy sekitar lokasi, ada banyak silakan pilih salah satu. Serahkan SIM Asli dan KTP asli bilang mau perpanjangan SIM, otomatis langsung di fotocopy dan ditempel di map biru, biaya 4rb aja.

3. KIR Dokter

Langsung ke tempat tes kesehatan untuk perpanjangan SIM atau KIR dokter, ditempat tes kesehatan ini disuruh baca angka-angka itu loh, ditanya tinggi badan, berat badan, golongan darah. Disini disuruh bayar 70rb.

4. TES PSIKOLOGI

Setelah KIR dokter lanjut ke tempat tes psikologi untuk perpanjangan SIM di Klaten, disini disuruh jawab pertanyaan dengan jawaban "Ya" atau "Tidak". Pertanyaannya seperti apa? Misal, apakah anda sering pusing atau mual? Tinggal dicentang dikolom jawaban. Disini bayar 100rb.

5. Proses Perpanjangan SIM



Lanjut ke loket depan untuk pengambilan formulir perpanjangan SIM, serahkan map birunya lalu nanti SIM lama akan diminta. Isi formulir, bayar perpanjangan SIMnya diloket sebelah yakni sebesar 80rb. Balik ke tempat ngambil formulir tadi terus dikasih nomor antrian. Masuk ke dalam, masukan berkas map biru ke pokja 1 atau loket 1. Nunggu dipanggil sesuai nomor antrian untuk foto. Setelah foto nunggu dipanggil ke Pokja 2 untuk penyerahan SIM yang sudah jadi dengan masa aktif 5th kedepan.

Udah gitu doang. Gak lama kok, proses perpanjangam SIM kira-kira satu jam udah selesai, tapi ya mungkin tergantung jumlah antriannya juga. Jadi perbedaannya perpanjangan SIM sekarang dengan yang dulu apa? Sekarang ada tes psikologi, selain itu biayanya juga sudah lebih mahal. Jika dulu total hanya 100rb-an tapi kini 250rb-an. 



Salam ketak-ketik, 
dr pojokan

Related Posts

Silakan Berkomentar di Blognya Mbak Widha (BMW), Agar komentarnya rapi mohon komentar menggunakan NAMA anda, hindari pemakaian nama yang aneh-aneh biar gak masuk Spam!

Lapak Aneka Souvenir Promosi Widhadong

 









Konveksi Kaos Widhadong